Manfaat Ajaib Pepaya untuk Bayi, Cocok sebagai Menu MPASI!

Peristiwaw - Memasuki usia enam bulan, bayi sudah bisa mulai dikenalkan dengan berbagai makanan padat sebagai makanan pendamping ASI. Tak jarang, Kamu memberikan pepaya untuk bayi. Melansir International Research Journal of Pharmacy, pepaya mengandung enzim yang disebut papain, yang dapat memecah rantai protein keras yang ditemukan dalam daging otot.

Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang dikenal sebagai karotenoid, terutama satu jenis yang disebut likopen. Sifat yang dikenal melunakkan dan mudah dicerna membuat Kamu memilih pepaya untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI pertama.

Namun, apakah bayi boleh mengonsumsinya? Dan apa saja manfaat pepaya untuk bayi? Mari simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Kapan Bayi Bisa Mulai Makan Pepaya?

American Academy of Pediatrics (AAP) mengungkapkan bahwa, meskipun kebanyakan dokter anak merekomendasikan agar pemberian buah baru boleh dilakukan setelah bayi mengonsumsi sayur, tidak ada bukti yang cukup kuat untuk membuktikan bahwa bayi menjadi tidak suka sayur karena sudah diperkenalkan dengan buah terlebih dahulu.

Bayi dilahirkan dengan preferensi kuat terhadap rasa manis dan urutan makanan yang diperkenalkan tidak mengubah kondisi tersebut. Namun, disarankan agar Kamu memberikan pepaya untuk bayi setelah berusia minimal 7 hingga 8 bulan.

Kamu bisa mengenalkan buah lebih awal, asalkan bayi sudah mulai makanan padat, seperti apel, pisang, kentang, dan lain-lain.

Beberapa resep yang bisa Kamu pertimbangkan saat memperkenalkan pepaya untuk bayi adalah pure pepaya, puding pepaya, pancake pepaya, dan smoothie pepaya. .

Manfaat Pepaya untuk Bayi

Pepaya adalah buah tropis yang tinggi vitamin C dan A, serta serat dan senyawa tanaman yang sehat. Ini juga mengandung enzim yang disebut papain, yang digunakan untuk melunakkan daging.

Melansir Nutrition Data, satu buah pepaya kecil (152 gram) mengandung:

- Kalori: 59

- Karbohidrat: 15 gram

- Serat: 3 gram

- Protein: 1 gram

- Vitamin C: 157% dari RDI

Vitamin A: 33% dari RDI

- Folat (vitamin B9): 14% dari RDI

- Kalium: 11% dari RDI

- Kalsium, magnesium dan vitamin B1, B3, B5, E dan K.

Beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan setelah memberikan pepaya untuk bayi, antara lain:

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Dalam pengobatan tradisional, pepaya telah digunakan sebagai obat untuk mengobati gangguan pencernaan.

Melansir Acta Informatica Medica, pepaya mengandung papain, enzim yang secara efektif memecah struktur makanan kompleks yang baik bagi sistem pencernaan.

Selain itu, pepaya memiliki banyak air dan serat yang berpotensi membantu menjaga keharmonisan pencernaan dengan mencegah sembelit Manfaat ini bisa didapatkan hanya dengan secara rutin memberikan 2-3 ons pepaya untuk bayi.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Manfaat pepaya untuk bayi selanjutnya adalah dapat meingkatkan sistem imun tubuh. Sistem kekebalan tubuh bayi masih berkembang dan tidak sekuat tubuh orang dewasa, sehingga bayi sangat rentan terkena infeksi dan penyakit.

Pepaya kaya akan vitamin C, nutrisi penting yang membantu memperkuat sistem kekebalan dan melindungi tubuh bayi dari serangan berbagai penyakit.

Buahnya juga mengandung sejumlah besar vitamin A, B, dan enzim proteolitik seperti papain dan chymopapain. Konstituen ini diyakini memberikan sifat antivirus, antijamur, dan antibakteri.

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Pepaya juga kaya akan folat yang membantu mengubah homocysteine menjadi asam amino. Homocysteine dapat merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan stroke. Membiasakan makan pepaya untuk bayi dapat melindunginya dari kemungkinan penyakit kardiovaskular di masa depan.

Itulah beberapa manfaat dari pepaya yang baik untuk bayi. Untuk mendapatkan pepaya aneka jenis dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya.

Selain pepaya, Kamu juga dapat membeli aneka produk kebutuhan sehari – hari di sini seperti aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Ajaib Pepaya untuk Bayi, Cocok sebagai Menu MPASI!"

List Blog Keren Rajabacklink