Virtual Reality dan Augmentated Reality, Inovasi Teknologi Kekinian yang Makin Populer

PeristiWaw - Hari ini teknologi seperti Virtual Reality (VR) dan juga Augmented Reality (AR) semakin hari semakin populer. Ditambah lagi ketika ramai adanya konten gaming. Hal ini membuat banyak pengembang aplikasi yang berlomba-lomba memproduksi konten VR maupun AR dalam skala yang besar.

Seringkali keduanya dianggap sama, namun sebenarnya keduanya ini memiliki perbedaan yang mendasar. Secara umum kedua perangkat ini bertujuan merangsang indera dari setiap pengguna. Banyak perusahaan VR terbaik di negara ini yang telah menyediakan produk terbaiknya.

Setidaknya terdapat tiga perbedaan diantara keduanya. Apa saja ketiga perbedaan tersebut, berikut penjelasannya.

Definisi Virtual Reality dan Augmented Reality

Perbedaan utama antara Virtual Reality dan Augmented Reality adalah dari segi arti. Virtual reality bisa diartikan juga sebagai teknologi yang menjelajahi indra pendengaran sentuhan dan juga penglihatan. Untuk bisa mengakses virtual reality diperlukan perangkat khusus seperti headset, sarung tangan atau juga treadmill.

Sementara di sisi lain, Augmentated Reality bisa diartikan sebagai teknologi yang yang memberikan unsur digital di dunia nyata saat ini. Bisa dikatakan AR merupakan ruang yang bisa kita akses melalui smartphone.

Sederhananya peristiwa religi mampu membawa pengguna akan masuk ke dalam virtual sedangkan argumentation reality hanya sebatas merubah tampilan di dunia nyata melalui perangkat pintar yang sejenis.

Perangkat Virtual Reality dan Augmented Reality

Terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara VR dan AR dalam segi perangkat. Untuk Virtual Reality perangkat utama yang paling dibutuhkan adalah headset. Headset ini perlu dikoneksikan dengan laptop, PC atau perangkat yang sejenis.

Sementara untuk Augmented Reality, tidak perlu mempersiapkan peralatan khusus untuk menggunakannya. Kamu cukup menggunakan ponsel pintar ataupun tablet yang didukung oleh aplikasi Augmentation Reality.

Tingkat Keseruan Permainan

Apabila dilihat dari tingkat kekeruhan dalam bermain, Virtual Reality dan Augmented Reality memiliki perbedaan. Ketika menggunakan Virtual Reality, perangkat ini seolah-olah membatasi dunia nyata dan membawa setiap penggunanya masuk ke dalam dunia virtual.

Setiap pengguna bisa lebih fokus untuk bermain game atau pun melihat konten baik itu film maupun video dengan perangkat Virtual Reality. Dari sisi visual dan juga suara, setiap pengguna juga bisa lebih terpuaskan dengan teknologi ini.

Di sisi lain Augmentation Reality masih melibatkan lingkungan fisik sekitar. Teknologi ini memberikan kesan seakan ada dunia virtual di dunia nyata. Gambar-gambar animasi yang ada di gadget kita seakan bisa muncul di dunia nyata yang bisa dilihat hanya di gadget kita saja. Teknologi ini memiliki potensi yang lebih reaktif dengan lingkungan fisik karena setiap adegan terjadi secara langsung di dunia nyata.

Diantara kedua perbedaan mendasar antara Virtual Reality dan Augmented Reality di atas tentu keduanya nya masing-masing sama baiknya. Untuk itu itu kita sebagai pengguna perlu untuk terus meningkatkan kesadaran akan pemanfaatan teknologi untuk hidup yang lebih baik.

Post a Comment for "Virtual Reality dan Augmentated Reality, Inovasi Teknologi Kekinian yang Makin Populer"