5 Strategi Sebelum Beli Mobil Bekas, Dijamin Tidak Rugi!

 

PeristiWaw - Dalam beberapa tahun terakhir ini, bisnis mobil bekas semakin menjanjikan. Tidak sedikit platform digital yang menyediakannya untuk mempermudah Anda memiliki kendaraan second yang layak. Bahkan bisa dicicil dengan DP mobil bekas yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Pada dasarnya, memang tidak semua kalangan bisa membeli mobil baru. Bahkan jika mencicil sekalipun, untuk unit baru memang harganya cukup mahal. Membeli maupun mencicil mobil bekas bisa menjadi opsi yang tepat di masa kini.

Strategi Membeli Mobil Bekas yang Menguntungkan

Menuruti gengsi yang tidak diimbangi dengan pemasukan memang tidak ada habisnya. Begitu pula jika dikaitkan dengan pembelian kendaraan, membeli mobil bekas bukanlah sesuatu yang buruk. Dibanding mementingkan gengsi, sebaiknya simak beberapa tips beli mobil bekas berikut ini.

1.     Cari yang Sesuai dengan Budget

Berapa budget yang sudah disiapkan untuk beli mobil bekas, apakah 50 juta atau lebih dari itu? tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak platform online yang menyediakan kendaraan second dengan harga yang bervariasi.

Bahkan Anda bisa mendapatkan mobil keluaran 5 tahun terakhir dengan harga terjangkau. Jika memahami prinsip depresiasi harga kendaraan, pastinya membeli mobil bekas bisa menjadi opsi yang tepat. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki budget cukup untuk mobil baru.

2.     Memilih Spesifikasi Sesuai Kebutuhan

Apakah memungkinkan beli mobil bekas dengan fitur bagus? Tentu saja hal ini bisa didappatkan jika Anda teliti dalam mengincar mobil bekas yang diinginkan. Walau bagaimana pun juga, mobil baru jelas jauh lebih menguras kantong.

Padahal, Anda bisa beli mobil bekas sesuai dengan spesifikasi atau kriteria yang dibutuhkan. Hal ini karena setiap tahunnya para brand otomotif senantiasa mengeluarkan seri baru. Hal ini pun berdampak pada jenis-jenis mobil bekas yang dijual tentunya lebih bervariasi.

Anda bisa membuktikannya dengan mencari mobil bekas impian di SEVA. Platform digital keluaran Astra ini menyediakan fitur jual beli mobil bekas secara cash maupun kredit. Proses pengajuan sampai deal bisa dilakukan secara instan dan tanpa proses yang berbelit-belit!

3. Beli Mobil Bekas secara Kredit Semakin Mudah

Jika Anda membutuhkan kendaraan mobil untuk usaha namun dananya belum terkumpul, kredit bisa menjadi solusi. Tingkat bunga untuk mobil bekas lebih rendah dengan tenor dan nominal cicilan yang tidak terlalu memberatkan.

Bagi yang cermat dalam mengatur keuangan, membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan bagus untuk beberapa kondisi. Misalnya ketika membutuhkan mobil untuk usaha, keluarga, maupun kebutuhan pribadi. Jika modal yang dimiliki pas-pasan, tentu membeli unit baru akan memberatkan.

4.     Mempertimbangkan Depresiasi Harga

Walau bagaimana pun juga, benda elektronik dan kendaraan memang tidak bisa lepas dari depresiasi harga. Sejak awal pembelian, mobil baru akan mengalami penurunan harga 15-25% setiap tahunnya.

Jika Anda membelinya tanpa perhitungan matang, hal ini akan sangat memberatkan. Cobalah mencari mobil yang berumur lebih dari lima tahun karena depresiasi harga akan lebih ringan.

5.     Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Percaya atau tidak, sebenarnya Anda bisa mendapatkan mobil bekas yang kualitasnya tidak jauh berbeda dengan mobil baru. Tidak sedikit penyedia unit bekas yang melakukan seleksi ketat sebelum menjualnya kepada konsumen.

Namun, Anda memang harus teliti dalam memilih tempat jual mobil bekas. Perhatikan pula kondisi fisik, mesin, dan jarak tempuh mobil sebelum membelinya.

Membeli mobil bekas memang menguntungkan jika Anda mengetahui trik-triknya. Nantinya, Anda memang harus mengeluarkan sejumlah dana untuk perbaikan yang dirasa perlu. Namun, tetap saja jumlahnya lebih hemat dibanding memaksakan diri membeli mobil baru.

 

Post a Comment for "5 Strategi Sebelum Beli Mobil Bekas, Dijamin Tidak Rugi!"