Yuk Ketahui 6 Penyebab Haid Tidak Lancar Berikut Ini

penyebab haid tidak lancar

PeristiWaw – Setiap perempuan harus tahu penyebab haid tidak lancar apa saja. Hal ini penting karena haid adalah tamu bulanan yang bisa menjadi pertanda kesehatan tubuh secara umum dan kesehatan organ reproduksi secara spesifik.

Haid yang tidak lancar seringkali membuat kita khawatir, terlebih jika pada periode sebelumnya siklus haid selalu lancar. Meski setiap perempuan memiliki siklus yang berbeda. Namun secara umum siklus menstruasi antara 28 hingga 36 hari. Adapun lama haid antara 3 hingga 7 hari.

Terdapat beberapa penyebab mengapa haid tidak berjalan lancar sebagaimana biasanya. Berikut ini beberapa faktor yang mungkin menjadi pemicu haid tidak teratur. Simak hingga tuntas ya!

Menopause

Apabila yang mengeluhkan siklus haid yang tidak lancar adalah perempuan paruh baya, besar kemungkinan penyebabnya adalah gejala menopause. Perempuan yang menjelang menopause memang akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Faktor ini terjadi karena produksi hormon estrogen dan juga progesteron di dalam tubuh menjadi tidak teratur. Namun faktor ini tidak perlu dikhawatirkan sebab setiap perempuan di usia memasuki menopause memang akan mengalami hal yang serupa.

Kehamilan

Terkadang perempuan tidak menyadari bahwa siklus haid yang tertunda atau mundur disebab kan oleh faktor kehamilan. Secara umum memang kehamilan ditandai dengan berhentinya menstruasi. Maka apabila kalian mengalaminya, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Mengetahui penyebab lebih awal akan lebih baik.

Alat Kontrasepsi

Ada banyak jenis alat kontrasepsi yang diizinkan oleh dunia kesehatan. namun ada beberapa alat kontrasepsi yang berpengaruh dalam siklus menstruasi, salah satunya adalah IUD atau spiral dan juga pil.

IUD bisa membuat darah yang keluar lebih banyak sedangkan pil bisa membuat darah yang keluar lebih sedikit dari biasanya, terutama di awal masa penggunaanya. Tidak menutup kemungkinan jika pengguna pil tidak mengalami haid selama berbulan-bulan. Untuk hal ini konsultasi dengan dokter sebelum pemakaian sangatlah penting.

Lifestyle

Gaya hidup juga berperan dalam menentukan pakah haid kita lancar atau tidak. Haid tidak lancar juag bisa disebabkan oleh aktivitas fisik yang berlebihan. Olahraga memang baik untuk tubuh, namun apabila dikerjakan secara berlebihan akan mempengaruhi siklus haid.

Diet ketat yang bertujuan menurunkan berat badan juga bisa mempengaruhi siklus haid. Disamping itu berat badan yang berlebihan atau yang biasa dikenal dengan obesitas juga bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Selain itu kebiasaan overthinking atau stress yang berlebihan sebaiknya dihindari.

Syndrome Ovarium Polikistik (PCOS)

Kelainan ini merupakan kelainan hormonal yang terjadi pada perempuan. Perempuan yang terkena syndrome ini akan mengalami periode mestruasi tidak teratur. Dampak yang terjadi bisa menyebabkan sangat jarang, namun juga bisa justru berkepanjangan.

Kelainan Pada Tiroid

Seperti diketahui bahwa kelenjar tiroid berada di bagian leher dan memiliki kegunaan untuk mengatur sistem metabolisme di dalam tubuh. Maka sudah pasti ketika kelenjar tiroid ini terdapat gangguan, tubuh pun akan mengalami kelainan dan terpengaruhi.

Langkah bijak yang bisa ditempuh adalah mengkonsultasikan dengan dokter. Untuk bisa melihat dapat dilakukan dengan tes darah sehingga kadar tiroid dalam darah bisa diketahui.

Pada dasarnya untuk bisa mencegah atau mengatasi haid yang tidak lancar kalian harus mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Mengelola emosi agar tidak mudah stress sangat penting dilakukan. Serta tidak lupa dengan melakukan pemeriksaan organ reproduksi secara berkala.

Apabila kalian menginginkan ruang diskusi yang nyaman serta ingin mendapatkan wawasan lebih seputar keperempuanan, kalian bisa melihat platform Charm Gilr’s Talk yang merupakan platform edukasi untuk para perempuan.

Stay healthy!

Posting Komentar untuk "Yuk Ketahui 6 Penyebab Haid Tidak Lancar Berikut Ini"

List Blog Keren Rajabacklink