5 Tipe Tubuh Beserta Pola Makan dan Olahraga yang Sesuai

PeristiWaw - Setiap manusia memiliki tipe tubuh yang berbeda-beda. Masing-masing tipe tubuh memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa dibandingkan dengan yang lain. Tipe tubuh bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk makanan, gaya hidup dan juga perubahan hormon.

Secara umum tipe tubuh dibagi menjadi ektomorf, endomorf dan lain sebagainya. Berikut ini penjelasan dari masing-masing Tipe tubuh dan pola makan yang tepat.

Tipe Tubuh Ektomorf

Tipe tubuh ini adalah tubuh yang ramping serta mempunyai sedikit lemak dan massa otot. Ciri-ciri mudah untuk mengenali tipe tubuh ini adalah pinggang yang ramping sendi pinggul dan bahu yang kecil dan juga kaki dan lengan yang panjang.

Pola Makan

Karena tipe tubuh ini memiliki sensitifitas insulin yang tinggi Maka pola makan yang disarankan adalah penambahan asupan protein. Makanan yang perlu dikonsumsi adalah ayam, daging sapi, telur, susu dan juga buah-buahan seperti apel dan pisang.

Jenis Olahraga

Jenis olahraga yang cocok untuk tipe tubuh hektomo adalah olahraga yang tidak terlalu membutuhkan kekuatan otot serta lebih mengandalkan ketahanan aerobik. Meski kekuatan apa tetap harus dilatih secara cukup untuk menghindari resiko cedera.

Tipe Tubuh Endomorf

Tipe tubuh ini memiliki ciri-ciri perawakan yang pendek, rangka tubuh yang lebih lebar dan komposisi lemak cukup tinggi. Orang dengan tipe tubuh ini mudah mengalami penambahan massa otot serta memiliki metabolisme yang lambat.

Pola Makan

Untuk orang dengan tipe tubuh endomorf, disarankan untuk terlebih dahulu menurunkan berat badan serta mengkonsumsi makanan yang rendah kalori namun tinggi protein.

Mengurangi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak perlu diprioritaskan oleh orang dengan tipe tubuh endomorf. Mengkonsumsi minuman seperti teh hijau akan memperlancar metabolisme serta membantu percepatan penurunan berat badan.

Olahraga

Tipe olahraga yang cocok untuk yang memiliki tipe tubuh endomorf adalah dengan olahraga yang mengandalkan kekuatan otot. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah kardio dan juga High Intensity Interval Training (HIIT).

Tipe Tubuh Mesomorf

Ciri-ciri tipe tubuh ini adalah tangan, dada, bahu dan kaki lebih berotot. Tipe tubuh mesomock cenderung berada di antara kedua tipe sebelumnya di mana berat badan tipe tubuh ini tersebar merata.

Pola Makan

Pola makan yang disarankan untuk orang yang memiliki tipe tubuh mesomoh adalah buah, sayuran dan juga biji-bijian. Pola makan tinggi protein dan sedikit karbohidrat baik untuk tipe tubuh ini.

Olahraga

Olahraga dengan kekuatan otot cocok untuk orang dengan tipe tubuh mesomorf. Olahraga seperti cardio juga baik dilakukan meski dengan frekuensi sesuai kebutuhan dan tetap seimbang.

Tipe Tubuh Ecto-Endomorf

Tipe tubuh ini adalah keadaan di mana seseorang pada dasarnya kurus namun berat badan bertambah dikarenakan pola makan yang tidak baik dan tidak melakukan olahraga yang rutin.

Pola Makan

Sebagaimana tipe tubuh endomorf, tipe tubuh ini perlu untuk menambah asupan serat dan protein namun membatasi konsumsi makanan bertepung yang mengandung karbohidrat.

Olahraga

Latihan ketahanan tubuh cocok dilakukan oleh tipe tubuh ecto-endomorf. Selain itu juga perpaduan HIIT merupakan pilihan yang cocok untuk tipe tubuh ini.

Tipe Tubuh Endo-Ectomorf

Ciri-ciri tipe tubuh ini yaitu bahu yang lebih lebar namun lengan dan kaki lebih jenjang. Tipe tubuh ini seringkali disamakan dengan bentuk buah apel di mana di bagian pinggang nampak lebih besar.

Pola Makan

Makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dan juga protein perlu untuk dikonsumsi secara rutin oleh pemilik tubuh tipe ini. Makanan yang tidak sehat seperti karbohidrat dan lemak berlebihan harus dihindari.

Olahraga

Jenis olahraga seperti kardio dan HIIT adalah jenis olahraga yang bisa mengurangi lemak pada perut sehingga cocok untuk orang dengan tipe tubuh ini.

Demikianlah penjelasan beberapa tipe tubuh. Pada dasarnya tipe tubuh endomorf, ektomorf dan lain sebagainya memiliki keunikan masing-masing. Dengan memahami pola makan dan juga olahraga yang sesuai, maka tubuh dengan tipe apapun tetap bisa sehat dan kuat.

Apabila kalian menginginkan informasi lebih lanjut, kalian bisa cek website Sirka di link https://sirka.io/blog/2022/08/04/tipe-tubuh-kamu-termasuk-yang-mana/ . Website Sirka merupakan website yang berisi konten kesehatan dan juga pola makan sehat. Maka untuk kalian yang sedang mencari informasi seputar pola makan yang sehat kalian bisa mengunjungi website ini sekarang juga.

Posting Komentar untuk "5 Tipe Tubuh Beserta Pola Makan dan Olahraga yang Sesuai"

List Blog Keren Rajabacklink