Bantuan Psikolog Dalam Mengatasi Remaja yang Ketergantungan Alkohol

PeristiWaw - Setiap orang tua pasti terkejut ketika mengetahui informasi bahwa anaknya menjadi pecandu alkohol. Terlebih lagi ketika anak itu masih remaja. Meski sangat mengecewakan, namun nyatanya hal ini terjadi di masyarakat.

Anak yang terpapar oleh alkohol memiliki ciri-ciri tertentu. Seperti tercium bau seperti alkohol dari mulut, wajah mabuk, atau gejala psikosomatik lainnya. Diantaranya cemas, mual, tidak nafsu makan, tidak bisa tidur hingga sakit kepala.

Komunikasi Efektif

Dilansir dari berita Suara.com, melakukan komunikasi yang efektif kepada remaja yang terpapar alkohol lebih disarankan dibanding memarahinya sejak awal. Remaja yang terpapar ini perlu diberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui keadaan mental mereka.

Menurut dokter anak spesialis dr. Rini Sekartini, Sp. A(K)., memberikan pertanyaan kepada remaja yang terpapar alkohol harus dilakukan dengan hati-hati. Terlebih lagi ketika kita membeli pertanyaan yang cukup sensitif bagi mereka.

Menciptakan lingkungan yang kondusif dan membantu mereka untuk keluar dari alkohol adalah hal penting untuk dilakukan. Evaluasi dan juga observasi secara menerus tidak luput untuk diperhatikan.

Rehabilitasi Untuk Mengobati Kecanduan Alkohol

Para remaja yang kecanduan alkohol sejatinya adalah korban dari ganasnya peredaran minuman keras. Untuk itu mereka perlu melakukan proses rehabilitasi untuk mengembalikan mereka ke jalan yang benar.

Proses rehabilitasi merupakan proses yang terintegrasi antara pemulihan mental dan juga medis. Rehabilitasi tidak bisa dilakukan seorang diri melainkan perlu kontribusi dari lingkungan di sekeliling.

Kecanduan alkohol tidak bisa dianggap remeh dan enteng. Remaja yang mulai jatuh pada alkohol bisa melakukan tindakan kriminal yang menjadi efek domino dari pengaruh alkohol itu sendiri.

Peran Psikolog Untuk Remaja Terpapar Alkohol

Sebagaimana narkoba alkohol juga memberikan dampak buruk pada pola pikir mereka yang terpapar. Dari sini maka dibutuhkan psikolog yang bisa membantu untuk mengatasi remaja yang telah terpapar oleh alkohol.

Tahapan pertama yang akan dilakukan oleh psikolog adalah pendekatan emosional kepada remaja yang terpapar. Saat remaja mulai rasa nyaman, saat itulah psikolog bisa memberikan stimulus untuk menyadarkan diri si remaja.

Hal ini penting dilakukan mengingat untuk bisa keluar dari jeratan alkohol diperlukan kesadaran dalam diri remaja itu sendiri. Saat mereka menyadari kekeliruan mereka, maka proses untuk lepas dari cengkerangan alkohol akan lebih mudah.

Mencegah Lebih Baik

Meski kecanduan alkohol tetap bisa diobati dan diatasi, namun tidak bisa dipungkiri bahwa hal itu membutuhkan waktu yang relatif lama. Untuk itu perlu langkah preventif agar lingkungan sekitar kita tidak terpapar hal demikian.

Remaja yang mulai penasaran pada satu hal yang baru perlu diarahkan kepada hal-hal yang bermanfaat. Mereka perlu dikenakan oleh aktivitas yang menunjang perkembangan fisik dan mental.

Para remaja perlu meningkatkan literasi mereka dengan lebih banyak membaca mulai dari platform media seperti suara.com dan lain sebagainya. Dengan begitu para remaja ini bisa menghindari hal-hal yang merugikan.

Posting Komentar untuk "Bantuan Psikolog Dalam Mengatasi Remaja yang Ketergantungan Alkohol"

List Blog Keren Rajabacklink